MEKANISME KP/TA

oleh | Apr 2, 2021

ALUR MEKANISME KERJA PRAKTEK

Layanan administrasi untuk keperluan Kerja Praktik (KP) bagi mahasiswa Prodi S1 Bioteknologi, Departemen Biologi Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro silahkan ikuti alur berikut dan klik link yang tertera :

No.TahapanFormulir KeteranganOutput
1Penentuan Bidang Penelitian KP(a.) Jika mahasiswa sudah mengambil matakuliah KP pada SIAP silahkan konfirmasi Koordinator KP (kontak silahkan hubungi Sekretariat Prodi Bioteknologi) atau menemui Koordinator KP Prodi Bioteknologi - Dr.rer.nat. Anto Budiharjo, M.Biotech - (hubungi KOOR KP VIA WA)Menghubungi Koordinator Kerja Praktik Prodi BioteknologiNama mahasiswa beserta Bidang Penelitian terdaftar pada data Bimbingan KP Prodi Bioteknologi
(b.) Jika mahasiswa BELUM mengambil/ mengisi matakuliah KP pada SIAP silahkan menghubungi Kalab sesuai bidangnya dan mahasiswa meminta arahan jika segera membutuhkan Dosen Pembimbing Definitif.Mahasiswa meminta arahan Ka. Laboratorium terkait Dosen Pembimbing Definitif (Dikelola Ka.Lab)Jika mahasiswa sudah mengisi KP pada IRS SIAP di semester berikutnya, silahkan ikuti point (a.) di atas
2Memastikan nama Mahasiswa Peserta matakuliah kerja Praktik terdaftar pada Data Bimbingan Kerja Praktik Prodi BioteknologiSilahkan hubungi sekretariat Prodi BioteknologiData yang tersedia didasarkan data peserta matakuliah Kerja Praktik (KP) pada SIAP.

Mahasiswa yang akan mengerjakan Penelitian KP lebih awal (Belum mengambil matakuliah KP di IRS SIAP) tetap harus konfirmasi kepada Ka.Laboratorium sesuai tahapan nomor 1 di atas.
3Penentuan Dosen PembimbingBertemu langsung dengan Ka. Laboratorium terkait atau menghubungi via WA link
(Disarankan klik link WA menggunakan HP)
1. Lab. Ekologi & Biosistematik (Rully Rahadian, M.Si, Ph.D)
WA link KLIK

2. Lab. BSF. Hewan (Dr. Sri Isdadiyanto, M.Si) WA link KLIK

3. Lab BSF. Tumbuhan (Dr. Endang Saptiningsih, M.Si) WA link KLIK

4. Lab. Bioteknologi (Dr. Susiana Purwantisari, M.Si) WA Link KLIK
Mahasiswa terdaftar sebagai Peserta KP beserta nama dosen pembimbing di data

Silahkan dipastikan nama dosen pembimbing dengan menghubungi sekretariat Bioteknologi
4Administrasi Penunjukkan Dosen Pembimbing KPKP1Formulir KP 1 digunakan untuk memproses Penunjukkan dosen Pembimbing (silahkan lampirkan Data Informasi Akademik Pendukung)Form download diisi dan diproses mahasiswa

Jika kesulitan terakit tanda tangan karena kondisi pandemi COVID-19, silahkan untuk menghubungi sekretariat Bioteknologi
5Kartu Bimbingan (Disiapkan sejak awal proses bimbingan Proposal)KP2Kartu Bimbingan (Disiapkan sejak awal proses bimbingan Proposal)Form download diisi dan diproses mahasiswa
6Pelaksanaan PenelitianLOOG BOOKLog book ini diisi dengan catatan penelitian selengkap-lengkapnya untuk membantu analisis data penelitianForm download diisi dan diproses mahasiswa
Proses perijinan penggunaan fasilitas di Laboratorium (Selama status pandemi mengikuti SOP Penelitian Luring KLIK)Jika Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Biologi (Internal)
UNDUH FORM AK 015(Isian Form Wajib diketik)Jika Penelitian dilaksanakan di Instansi Luar Undip, Langkah : (1) Mengurus surat pengantar dari FSM (silahkan download form AK.015) ; (2) Konfirmasi ke Pihak Instansi yang dituju (meminta surat keterangan/ balasan surat pengantar dari FSM) ; (3) Surat Keterangan/ balasan dari Instansi dikirim ke Prodi Bioteknologi ; (4) Melaksanakan kegiatan Penelitian dengan mengikuti prosedur yang berlaku di instansi tersebut.Form download diisi dan diproses mahasiswa

Khusus layanan online karena Darurat (Pandemi dll) silahkan menghubungi sekretariat Prodi Bioteknologi untuk keterangan lebih lanjut
Silahkan menghubungi sekretariat Prodi BioteknologiJika Pembimbing (dari Instansi) membutuhkan Surat Keputusan (SK)Informasi SK Pembimbing
Silahkan menghubungi sekretariat Prodi BioteknologiPermohonan Surat Pengambilan Data PenelitianInformasi Surat Penelitian dari Sekretariat Departemen Biologi
7Ujian Kerja Praktek (KP) (Dipersiapkan beberapa hari sebelum pelaksanaan Ujian Kerja Praktek)Daftar Ujian KP:
s.id/DaftarKPBiotek

atau klik:
DAFTAR SEKARANG
3 hari sebelum ujian Draft KP harus sudah diterima dosenDraft Proposal
DOWNLOADUndanganForm download diisi dan diproses mahasiswa
Arsip KRS (bertandatangan Dosen Wali)KRS / IRS cetak
Kartu BimbinganCermati point nomor 2 di atas
KP3Lembar Penilaian Ujian KPForm download diisi dan diproses mahasiswa
DOWNLOADLembar Saran
Ujian KP khusus online silahkan menyesuaikan panduanSurat Edaran Departemen Biologi tentang Pelaksanaan Ujian KP secara online KLIK
8Laporan KPKP4Surat Pernyataan Penyelesaian Laporan Kerja PraktekForm download diisi dan diproses mahasiswa
PANDUAN ILMIAH LAPORANPanduan Penulisan Ilmiah Mahasiswa Prodi Bioteknologi
9Pengumpulan Laporan KPSurat Bukti Pengumpulan Laporan KPSilahkan unduh File Surat

Dokumen Surat harap dibawa saat pengumpulan laporan KP

Surat yang sudah ditandatangani oleh penerima laporan di laboratorium terkait, segera diserahkan kepada Admin Sekretartiat Prodi Bioteknologi

Surat ini akan menjadi landasan penerbitan nilai KP anda.
Arsip Laporan Kerja PraktikSilahkan mengisi formulir ini sebagai arsip data laporan KP Prodi Bioteknologi.

Mahasiswa Prodi S1 Bioteknologi yang menempuh rangkaian Kerja Praktik (KP) diwajibkan memproses syarat administrasi sebagaimana daftar pada link di atas. Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Sekretariat Prodi Bioteknologi (Jam Kerja). Semoga bermanfaat dan sukses selalu.

ALUR MEKANISME TUGAS AKHIR

Layanan administrasi untuk keperluan Tugas Akhir dan Kelulusan bagi mahasiswa Prodi S1 Bioteknologi, Departemen Biologi Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro,

Silahkan mengikuti instruksi dan klik link sesuai yang dibutuhkan pada tabel berikut :

No.TahapanKhusus Online
1Penunjukkan Dosen Pembimbing & Penguji TAMahasiswa Mengajukan permohonan rekomendasi Dosen Wali untuk penunjukkan Pembimbing TA

UNDUH TEMPLATE

Mahasiswa Mengajukan surat permohonan Penunjukan Dosen Pembimbing dengan mengisi Form berikut:

UNDUH FORM PENUNJUKAN DOSBING

a. Silahkan konsultasikan hal ini terlebih dahulu kepada sekretariat Prodi Bioteknologi,

b. Jika sudah anda boleh meminta tanda tangan dosen pembimbing yang telah disetujui oleh sekretariat prodi Bioteknologi.

c. Kemudian serahkan berkas ke sekretariat prodi Biotek (admin biotek) kembali untuk penandatangan dan persetujuan.
Mahasiswa konfirmasi kepada Koordinator TA Prodi Bioteknologi melalui Link Berikut:


KLIK LINK BERIKUT
Mahasiswa memeriksa data bimbingan di KLIK LINK BERIKUT

Jika pada daftar link tersebut belum muncul nama dosen pembimbing dan Penguji TA, Mahasiswa wajib berkomunikasi dengan Koordinator TA.

Data Pembimbing/ Penguji TA pada link tersebut menjadi Dasar untuk proses Bimbingan Tugas Akhir pada SIAP.
2Panduan Penulisan Ilmiah (Proposal dan Laporan)

Silahkan disimpan dan dijadikan acuan untuk menulis Proposal maupun laporan TA
UNDUH PANDUAN ILMIAH LAPORAN
3Seminar Proposal (Dipersiapkan seminggu sebelum pelaksanaan Ujian Seminar Proposal)Teknis Ujian Seminar Proposal silahkan ikuti sesuai Edaran berikut KLIK

Daftar Ujian Seminar Proposal:
s.id/DaftarUjianTABiotek

atau Klik:
DAFTAR UJIAN SEMPRO SEKARANG
4Pelaksanaan Penelitian1. Mengisi LOOG BOOK

Log book ini diisi dengan catatan penelitian selengkap-lengkapnya untuk membantu analisis data penelitian

Anda juga perlu mengisi Kartu Konsultasi Penelitian (minimal 8 kali) sebagai salah satu syarat yang akan diminta dalam pelaksanaan SHP

Download Formulir Kartu Penelitian:

bit.ly/FormKartuKonsul18
Aktifitas Bimbingan bersama dosen dilaporkan pada SIAP (Berlaku sebagai pengganti kartu bimbingan).

Silahkan pelajari bagian mekanisme bimbingan pada SIAP KLIK
Jika Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Biologi (Internal), Proses perijinan penggunaan fasilitas di Laboratorium (Sesuai mekanisme Laboratorium). Silahkan hubungi Ka. Laboratorium dan Teknisi Laboratorium.

Ikuti ketentuan yang berlaku. Silahkan pelajari KLIK
Bagi mahasiswa yang magang/ Kerja di InstansiJika Penelitian dilaksanakan di Instansi Luar UNDIP, Langkah :

(1) Mengurus surat pengantar dari FSM (silahkan proses form AK.015 DOWNLOAD),

(2) Konfirmasi ke Pihak Instansi yang dituju (meminta surat keterangan/ balasan surat pengantar dari FSM) ;

(3) Surat Keterangan/ balasan dari Instansi dikirim ke Prodi Bioteknologi ;

(4) Melaksanakan kegiatan Penelitian dengan mengikuti prosedur yang berlaku di instansi tersebut.
Hanya untuk mahasiswa yang membutuhkan surat ijin mengambil data saja tanpa Magang/Kerja di InstansiPermohonan Surat Pengambilan Data Penelitian (Khusus mahasiswa yang HANYA MENGAMBIL DATA TANPA Magang/Kerja di Instansi), Silahkan menghubungi sekretariat prodi Bioteknologi
Jika Pembimbing (dari Instansi) membutuhkan Surat Keputusan (SK), silahkan menghubungi sekretariat prodi Bioteknologi
5Seminar Hasil Penelitian (Dipersiapkan seminggu sebelum pelaksanaan Ujian Seminar Hasil Penelitian/SHP)Teknis Ujian Seminar Hasil Penelitian (SHP) silahkan ikuti sesuai Edaran berikut KLIK

Daftar Ujian Hasil Penelitian:
s.id/DaftarUjianTABiotek

atau Klik:
DAFTAR UJIAN SHP SEKARANG
6Publikasi (Artikel yang dipublikasikan di Jurnal internal Biologi maupun Jurnal luar tetap memproses tahap ini)Mahasiswa dapat menyusun artikel untuk dipublikasikan pada Jurnal sejak SHP atau setelah Ujian Sidang TA (sesuai arahan Dosen Pembimbing).

Silahkan mengisi data pada Link http://s.id/publikasiskripsiku

Setelah mengisi data pada link tersebut silahkan konfirmasi WA ke link berikut : https://s.id/rekomendasi-jurnal-bioundip

(Khusus publikasi di luar jurnal Biologi, pada saat konfirmasi wajib menambahkan keterangan pada WA artikel disubmit di Jurnal tujuan).

Mahasiswa yang publikasi pada Jurnal di lingkungan Departemen Biologi (BIOMA, ANFIS, JBT, JAB, Bioteknologi, NICHE) wajib membawa surat pengantar yang dapat dikonfirmasikan ke Sekretariat Departemen Biologi.
7Turnitin Artikel Skripsi**Submit artikel untuk keperluan turnitin minimal 2 minggu sebelum pelaksanaan Sidang Akhir Skripsi.

Sebelum anda dapat melanjutkan ke pendaftaran ujian sidang akhir, Skor Plagiasi dokumen artikel laporan skripsi haruslah ≤ 25%

Silahkan untuk mengajukan permohonan TURNITIN artikel skripsi pada link berikut:

KLIK LINK BERIKUT


Untuk artikel jurnal silahkan ajukan prmohonan TURNITIN pada link berikut:

bit.ly/turnitinperpus2


atau


bit.ly/ujiturnitin2
8Bebas Pustaka

(Bebas Pinjam / Tanggungan di Departemen Biologi)
Mahasiswa mengisi data pada link:

s.id/bebaspustaka-bioundip

Setelah mengisi link tersebut, silahkan dipantau validasinya di link :

s.id/validasi-bebaspustaka

Jika semua Laboratorium sudah menyatakan "bebas", silahkan hubungi Sekretariat Departemen Biologi atau sekretariat prodi Bioteknologi.
9Validasi Transkrip NilaiSilahkan validasi Transkrip Nilai anda dengan mengisi form berikut :

bit.ly/cek-transkrip-biotekundip

Setelah Admin Prodi Bioteknologi memproses data Transkrip Nilai mahasiswa, maka secara otomatis mahasiswa akan memperoleh email laporan hasil Evaluasi Matakuliah (Digunakan sebagai syarat ujian Sidang)

Khusus mahasiswa yang mengajukan penghapusan matakuliah mohon dapat menghubungi sekretariat Prodi Bioteknologi
10Ujian Sidang Tugas Akhir (Dipersiapkan/Proses seminggu sebelum pelaksanaan Ujian)Teknis Ujian Sidang TA silahkan ikuti sesuai Edaran berikut KLIK

Daftar Ujian Sidang Tugas Akhir:
s.id/DaftarUjianTABiotek

atau Klik:
DAFTAR SIDANG AKHIR TA SEKARANG

Untuk memudahkan proses verifikasi syarat ujian tugas akhir mahasiswa Prodi S1 Bioteknologi di SIAP, mohon mahasiswa yang akan melaksanakan ujian sidang tugas akhir agar mengisi form berikut ini :


bit.ly/verifikasi-sidang-bioteknologi

Selambat-lambatnya 2 hari sebelum pelaksanaan (H - 2) ujian sidang, Mahasiswa peserta Ujian Sidang agar memastikan jadwal Ujian TA sudah tersedia pada akun SIAP. Jika jadwal ujian sidang belum tersedia pada SIAP silahkan hubungi Sekretariat Prodi Bioteknologi.
11Berita Acara Kelulusan (BAK)

Dokumen syarat kelengkapan Wisuda yang wajib diproses oleh calon wisudawan Selambat-lambatnya 30 hari kerja pasca ujian sidang.
Calon Wisudawan WAJIB memproses berikut :

1 (Untuk Wisuda)

2. Memeriksa data nilai Transkrip terbaik di SIAP (Pastikan lengkap dan benar). Khusus kurikulum 2012 Pastikan matakuliah pilihan sudah lengkap minimal tersedia 17 matakuliah (34 sks). Jika sudah benar dan lengkap, mintakan cetak ke Sekretariat Departemen Biologi. Pengesahan Transkrip (Daftar Prestasi Akademik) divalidasi Departemen untuk selanjutnya dimintakan Tandatangan Dekan.

3 Calon wisudawan memastikan telah memiliki Berita Acara Ujian Tugas Akhir (TA 9), Jika TA 9 belum ada silahkan hubungi Sekretariat Departemen.

4. Mengisi data di link :

(a.) bit.ly/ArsipTABiotekUNDIP

(b.)

(c.)
12Bebas UKTSilahkan konfirmasi ke Bagian Keuangan Fakultas.

Mahasiswa Prodi S1 Biteknologi yang menempuh rangkaian Tugas Akhir hingga kelulusan (syarat Wisuda) diwajibkan memproses syarat administrasi sebagaimana daftar pada link di atas. Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Sekretariat Prodi Bioteknologi / Departemen Biologi (Jam Kerja). Semoga bermanfaat dan sukses selalu.

SOP PELAKSANAAN PENELITIAN KP/TA SECARA LURING [OFFLINE]

Silahkan mencermati alur dan persyaratan yang dibutuhkan dalam perizinan dan pelaksanaan Tugas Akhir / Kerja Praktik di Laboratorium secara LURING / OFFLINE:

No.Tahapan PersiapanKeteranganFormulir
1Mendapatkan izin dari Ketua Program Studi dengan memberikan tembusan kepada Dekan untuk mendapatkan persetujuanMatakuliah TA/KP sudah diambil dan dibuktikan dengan IRS mahasiswaSilahkan untuk menghubungi sekretariat prodi Bioteknologi
2Mendapatkan ijin dari satuan Tugas Covid pada tingkat Kota/KabupatenProses perizinan akan dilakukan oleh Fakultas setelah data dari semua Program Studi terkumpul
3Mematuhi dan melaksanakan persyaratan yang ditetapkan secara nasional maupun daerah
4Persetujuan dari Pembimbing dan Ketua Laboratorium jika penelitian tugas akhir dilakukan secara luring di laboratoriumUnduh formulir kemudian diisi dengan informasi yang sesuai TAL 1 DOWNLOAD
5Mahasiswa calon peserta penelitian tugas akhir secara luring wajib mendapatkan dan menyerahkan ijin persetujuan dari orangtua/wali atau pihak yang membiayaiUnduh formulir kemudian diisi dengan informasi yang sesuai TAL 2 DOWNLOAD
6Mahasiswa calon peserta penelitian tugas akhir secara luring wajib membuat dan menyerahkan surat pernyataan bertanggung jawab secara pribadi atas keikutsertaannya dalam penelitian tugas akhir secara luringUnduh formulir kemudian diisi dengan informasi yang sesuai TAL 3 DOWNLOAD
7Mahasiswa calon peserta penelitian tugas akhir secara luring wajib mengikuti dan menyerahkan test SWAB dan atau test cepat antigen dan dinyatakan negatifBatas waktu hasil tes yang valid tidak boleh lebih dari 14 hari atau 2 minggu,

Hasil tes harus menyertakan stempel basah beserta tanda tangan dari pihak resmi instansi terkait
8Ketua program studi berhak menolak keikutsertaan mahasiswa dalam penelitian tugas akhir secara luring jika tidak memenuhi persyaratan yang ditetapkan
9Teradapat batas maksimal jumlah peserta penelitian di laboratorium1. batasan jumlah kuota disesuaikan dengan kapasitas laboratorium dan kebijakan kepala laboratorium

2. jika kuota laboratorium telah memanuhi batas maksimal maka mahasiswa/i yang hendak mendaftar harus menunggu pada daftar antrian berikutnya (akan diinformasikan lebih lanjut)
10Diharapkan untuk dapat memperjelas metode penelitian sebelum mendaftar penelitian secara luringHal ini untuk memastikan durasi waktu penelitian yang dibutuhkan dalam penyelesaian kegiatan penelitian
11Semua berkas TAL1, TAL2, TAL3 dan hasil tes SWAB/PCR COVID-19 diserahkan ke Laboratorium
Silahkan mencermati tata tertib dalam pelaksanaan penelitian Tugas Akhir / Kerja Praktik di Laboratorium secara LURING / OFFLINE:
No.Tata TertibKeterangan
1Pelaksanaan penelitian tugas akhir wajib melaksanakan protokol kesehatan secara ketata. melakukan cek suhu;
b. mencuci tangan, menggunakan masker;
c. menjaga jarak minimal 1,5 meter;
d. tidak berkerumun.
2a. Jadwal pelaksanaan penelitian tugas akhir dengan kapasitas 50%

b. durasi waktu sesuai kebutuhan penelitian yang diserahkan kepada fakultas
3Mahasiswa masuk ke laboratorium berdasarkan jadwal yang telah ditentukanLihat Jadwal:
1. Lab. Bioteknologi KLIK LINK

2. Lab. Biologi Umum KLIK LINK
4Peserta penelitian tugas akhir secara luring wajib melakukan presensi harianPresensi harian dapat ditulis pada buku absensi saat masuk laboratorium
5Wajib menggunakan Alat Pengaman Diri dasar penelitian di laboratoriuma. Jas Lab (Lab Coat)
b. Menggunakan Masker
c. Membawa Gloves (Lateks) sendiri
d. Memakai sepatu; tidak boleh menggunakan sendal
e. Berapakaian rapi, tidak boleh memakai kaos oblong di laboratorium
6Setelah selesai melaksanakan penelitian tugas akhir secara luring, mahasiswa langung pulang dan tidak berkerumun di lingkungan kampus FSM
7Dalam pelaksanaan penelitian Tugas Akhir secara luring pada setiap laboratorium wajib didampingi dosen sebagai penanggung jawab harian dan teknisi atau laboran
8Jika pelaksanaan penelitian Tugas Akhir secara luring sudah selesai, proses pembimbingan dilakukan secara daring untuk menghindari penumpukan mahasiswa di linglungan kampus FSMkegiatan non-penelitian tidak boleh dilakukan di laboratorium, termasuk diskusi yang memancing kerumunan
9Program Studi akan melakukan disinfekatan setiap ruangan dan membersihkan peralatan laboratorium setelah selesai digunakan setiap harinyahal ini juga berlaku bagi mahasiswa, diharapkan membersihkan peralatan yang digunakan setelah selesai digunakan
10Jika pada laboratorium ada dua pintu (pintu masuk dan pintu keluar), maka jalur keluar masuk pengguna laboratorium pada pintu yang berbeda. Sedangkan jika hanya satu pintu, maka proses keluar masuk akan diatur secara bergiliran
11Tim Fakultas bersama Program Studi akan melakukan pemantauan pelaksanaan penelitian Tugas Akhir secara berkala, jika terjadi pelanggaran atau tidak sesuai prosedur, maka kegiatan akan dihentikan sementara samapai ada klarifikasi dari Program Studi.a. Mahasiswa yang melakukan penelitian diharapkan dapat mematuhi tata tertib ini dengan seksama

b. Jika terdapat pelanggaran, maka laboratorium akan ditutup sementara sampai batas waktu yang ditentukan dan hal ini berlaku bagi semua mahasiswa yang melaksanakan penelitian di laboratorium

Mahasiswa Prodi S1 Bioteknologi yang menempuh rangkaian Penelitian Secara Luring/Offline diwajibkan memproses syarat administrasi sebagaimana daftar pada link di atas. Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Sekretariat Prodi Bioteknologi (Jam Kerja). Semoga bermanfaat dan sukses selalu.

Berikut SE terkait SOP Pelaksanaan Penelitian secara Luring, mohon untuk dapat dicermati dengan baik.

DAFTAR PENELITIAN LAB VIA ONLINE

Mahasiswa Departemen Biologi yang akan menempuh rangkaian Penelitian Secara Luring/Offline diwajibkan memproses dan Melengkapi syarat administrasi sebagaimana daftar pada FOLDER TOOGLE “SOP PELAKSANAAN PENELITIAN KP/TA SECARA LURING [OFFLINE]”. Semua Dokumen kemudian di submit melalui Link Formulir berikut ini:

 

s.id/PenelitianLabBiotek

 

SCAN Barcode Link:

 

FORM IZIN PENGGUNAAN ALAT

Mahasiswa Departemen Biologi yang akan menempuh rangkaian Penelitian Secara Luring/Offline diwajibkan memproses dan Melengkapi syarat administrasi sebagaimana daftar pada FOLDER TOOGLE “SOP PELAKSANAAN PENELITIAN KP/TA SECARA LURING [OFFLINE]”. Semua Dokumen kemudian di submit melalui Link Formulir berikut ini:

 

s.id/IzinAlatBiotek

 

×